Pages

image

Blog Campur Aduk

Semua arsip berkumpul jadi satu di blog saya ini.. :)

Kamis, 19 April 2012

CARA MELAKUKAN TRANSLASI NAMA KOMPUTER KE IP ADDRESS KOMPUTER

Java menyediakan objek InetAddress yang memanfaatkan layanan sistem operasi dan jaringan untuk melakukan translasi nama dan IP komputer. Program dibawah ini memperlihatkan bagaimana menggunakan objek InetAddress untuk melakukan translasi nama komputer ke IP Address komputer.
1. Ketikkan kode sumber (source code) tentang translasi IP Address ke nama lokal komputer pada Notepad, Editplus, atau IDE lainnya, dan saya memilih menggunakan Notepad++ sebagai text editor. Source code tersebut saya beri nama NsLookup.java. Adapun source code-nya adalah sebagai berikut :




2. Simpan source code tadi dengan nama NsLookup.java ke direktori mana saja, dan saya menyimpannya di direktori "F:\pemjar".
3. Setelah disimpan, kemudian buka cmd (command prompt) pada menu Start > Accessories > Command Prompt atau langsung ketikkan cmd pada menu Run untuk mengkompile dan menjalankan program tersebut. Pada cmd tersebut ketikkan
F: [enter]
cd pemjar [enter]
maka root direktori akan berubah menjadi "F:\pemjar"
kemudian compile program tersebut dan jalankan dengan cara sebagai berikut :





Setelah dijalankan maka akan muncul cara pemakaian dari program ini. Jadi, cara menjalankan program ini dengan mengetikkan java NsLookup Findi_Ayu (nama komputer saya) seperti yang terlihat dari gambar di atas.

0 komentar:

Posting Komentar