Pages

image

Blog Campur Aduk

Semua arsip berkumpul jadi satu di blog saya ini.. :)

Selasa, 15 Februari 2011

Historinya Game The Sims

Game The Sims

Game The Sims merupakan sebuah game yang bisa disebut sebagai game simulasi tentang kehidupan. Membangun sebuah karakter dengan segala sifat baik maupun buruk, berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya dan hal yang lain seperti layaknya membangun sebuah kehidupan dalam dunia nyata.

The Sims menjadi besar dan menjadi salah satu waralaba yang paling produktif dalam sejarah game. Tepat sebelas tahun yang lalu pada tanggal 4 Februari 2000 game ini pun lahir. Dimulai dari tangan dingin kreatornya Will Wright yang dikemas secara apik, dipublikasikan oleh studio Maxis dan didistribusikan oleh Electronic Arts (EA). Sejak hari itu game The Sims mampu terjual hingga 100 juta kopi untuk sekuel dan ekspansi gamenya dengan menghasilkan total pemasukan USD 2.5 Miliar, sehingga The Sims dinobatkan sebagai sebuah permainan komputer dengan hasil penjualan terbesar dalam sejarah.

Semua game The Sims berfokus pada kehidupan orang virtual yang disebut sebagai Sims. Pemain dapat mengontrol dan mengatur aktivitas keseharian Sims, seperti menyuruhnya tidur, makan, membaca, atau mandi. Dalam rangka untuk menyambung hidup, Sims harus mendapatkan dan mempertahankan pekerjaan. Selain itu, Sims juga dapat menempati waktu luang mereka dengan sosialisasi, meditasi, kebersihan atau asmara, dan semuanya itu harus tetap seimbang.
Setiap rilis seri terbaru (bukan ekspansi) game ini mengalami kemajuan, yakni pilihan baru bagi perilaku Sims dan tampilan grafis yang lebih baik, misalnya saja, jenis kelamin, kelahiran, penuaan dan kematian. Hal ini baru diperkenalkan pada game The Sims seri ke dua. Will Wright, desainer game ini, menyebutkan bahwa The Sims sebagai permainan rumah-rumahan digital (digital dollhouse) yang kompleks.

Selama sebelas tahun ini, Maxis pun telah menciptakan game The Sims sebanyak 3 seri dengan jumlah total 16 ekspansi yang tersedia. Berikut ini adalah beberapa game The Sims dari awal hingga game terbarunya (The Sims, The Sims 2 dan The Sims 3) disertai dengan ekspansi yang tersedia untuk ketiga serinya.

The Sims

Inilah game seri pertama The Sims yang benar-benar menggebrak dunia game komputer dan sebagai dasar pengembangan game The Sims berikutnya. The Sism seri pertama ini terhitung memiliki banyak ekspansi (expansion pack) yaitu berjumlah 7 ekspansi, diantaranya adalah :

* The Sims: Livin' Large
Ekspansi ini diluncurkan pada tanggal 31 Agustus 2000.



* The Sims: House Party
Ekspansi ini diluncurkan pada tanggal 21 April 2001.



* The Sims: Hot Date
Ekspansi ini diluncurkan pada tanggal 12 November 2001.



* The Sims: Vacation
Ekspansi ini diluncurkan pada tanggal 28 Maret 2002.



* The Sims: Unleashed
Ekspansi ini diluncurkan pada tanggal 7 November 2002.



* The Sims: Superstar
Ekspansi ini diluncurkan pada tanggal 13 Mei 2003.



* The Sims: Makin' Magic
Ekspansi ini diluncurkan pada tanggal 29 Oktober 2003.




The Sims 2

Seri Terbaru dari game The Sims yang diluncurkan pada tanggal 4 September 2004 di Amerika Utara. Seperti pada seri sebelumnya, The Sims 2 juga memiliki Exspansion pack yang tidak kalah banyak yaitu sebanyak 8 ekspansi. Seperti :

* The Sims 2: University (1 Maret 2005)
* The Sims 2: Nightlife (13 September 2005)
* The Sims 2: Open for Business (2 Maret 2006)
* The Sims 2: Pets (17 Oktober 2006)
* The Sims 2: Seasons (1 Maret 2007)
* The Sims 2: Bon Voyage (4 September 2007)
* The Sims 2: FreeTime (26 Februari 2008)
* The Sims 2: Apartment Life (27 Agustus 2008)



The Sims 3

Seri paling anyar dari waralaba The Sims yang baru dirilis pada tanggal 2 Juni 2009. The Sims 3 ini tidak kalah laris dari seri sebelumnya, The Sims 3 telah terjual lebih dari 4,5 juta unit di seluruh dunia sejak dirilis dan dinobatkan menjadi game komputer telaris untuk wilayah Amerika dan Eropa pada tahun 2009. The Sims 3 menyusul kesuksesan dari seri-seri terdahulunya yakni dengan menghadirkan sebuah virtual life ala The Sims ke dalam trend dunia next-gen gaming.
The Sims 3 telah mengalami perubahan besar-besaran, baik dari segi gameplay maupun segi visual grafik. The Sims 3 kini hadir dengan grafik yang lebih menawan dan kualitas resolusi yang lebih tinggi. Untuk pertama kalinya, The Sims 3 memberikan fitur sharing seperti dalam game Spore, dimana kini gamer dapat berbagi Sims dengan gamer lain di seluruh penjuru dunia. Perubahan terbesar dalam The Sims 3 adalah sistem neighborhoods. Dalam The Sims 3, setiap aktivitas yang dilakukan baik di dalam rumah maupun di luar, semuanya terjadi dalam satu peta berskala besar. Kini gamer tidak perlu menunggu loading area untuk berpindah-pindah tempat.
Mode Create-A-Sim yang digunakan untuk menciptakan karakter telah mengalami perubahan dan inovasi yang lebih menarik. Gamer kini dapat menentukan tinggi badan dan berat badan karakter. Fitur baru yang cukup menarik adalah kemampuan untuk menentukan pola tekstur pada pakaian yang digunakan. Gamer dapat menciptakan satu set pakaian yang serupa, mulai dari kepala hingga ke kaki. Selain itu, gamer dapat mengatur gaya rambut yang berbeda-beda tergantung dari jenis pakaian yang mereka gunakan. Setiap karakter yang diciptakan akan mempunyai beragam jenis personality yang unik.
Setiap aktivitas terjadi secara real time baik di dalam ataupun di luar rumah. Hal ini menciptakan banyak event yang unik dan menarik. Setiap gameplay yang dimainkan akan memberikan pengalaman bermain yang berbeda-beda. Developer juga telah memperbaharui sistem attribute yang digunakan oleh setiap karakter. Dalam Sims 3, developer telah memperbaiki hal tersebut. Sekarang gamer akan lebih memfokuskan karakter mereka dalam menjalani kehidupan secara global dibandingkan pada seri sebelumnya yang lebih terfokus pada kegiatan sehari-hari.
Sampai sekarang ini telah diketahui sebanyak 12 karir pekerjaan yang dapat dilakukan oleh para The Sims. Karir-karir tersebut adalah Law, Enforcement, Crime, Military, Science, Politics. Journalism, Business, Entertainment, Culinary, Medical, Athletic, dan Gardening. Berbeda dengan sebelumnya, promosi dalam setiap karir kini mempunyai berbagai macam cabang yang dipilih.
The Sims 3 secara garis besar masih tetap sebuah "The Sims" dengan gameplay yang telah terbukti sukses dan diminati oleh banyak kalangan gamer. The Sims 3 mengembangkan konsep gameplay yang sukses ini menjadi lebih sempurna lagi. Sejauh ini setiap fitur baru, baik dari segi kustomisasi karakter ataupun elemen gameplay, mempunyai potensi yang menjanjikan.
Seri ini juga memiliki beberapa ekspansi, diantaranya adalah :

* The Sims 3: World Adventures (17 November 2009)


* The Sims 3: Ambitions (1 Juni 2010)



Game ini mungkin tidak dapat membujuk gamer-gamer yang sejak awalnya memang tidak menyukai jenis game seperti ini. Namun, sebuah fakta yang telah terbukti bahwa seri The Sims sendiri telah menjadi salah satu game tersukses sepanjang sejarah industri game komputer.






Sumber :
http://yasiranak252.blogspot.com/2011/01/sejarah-game-sims.html
http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/gaming/1878000-sims/

0 komentar:

Posting Komentar